Selasa, 28 Februari 2012

Fakta Unik Tentang Ajang Bergengsi Oscar

Apakah kamu tahu kenapa patung ini dinamakan Oscar? Klik gambar untuk tahu jawabannya.
Patung emas ini mendapat julukan populer "Oscar" saat seorang pustakawan Academy, Margaret Herrick, mengatakan bahwa patung ini mirip pamannya yang bernama Oscar. Sebelum itu, orang-orang biasa memanggil patung ini dengan sebutan "the golden trophy" dan "the iron man". Selama Perang Dunia kedua, akibat kelangkaan logam, piala Oscar yang terbuat dari plester (pelapis tembok). Barulah setelah perang berakhir, mereka mendapatkan penggantinya dalam bentuk logam.



Siapa nama aktor atau aktris termuda yang memenangkan piala Oscar?




Aktris termuda yang menerimanya Oscar adalah Shirley Temple (sebelah kanan) pada 1934. Dia menerimanya saat masih berusia 5 tahun. Tapi ketika itu Shirley menerimanya hanya sebagai penghormatan, sehingga Tatum O'Neal (sebelah kiri) dianggap sebagi aktris termuda yang memenangkan Oscar dengan kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk film "Paper Moon" pada 1974. Saat itu dirinya baru berusia 10 tahun



Ada satu film porno yang pernah memenangkan piala Oscar, yaitu ... (Petunjuk: Dustion Hoffman berperan sebagai pemeran utama).



jawabannya adalah "Midnight Cowboy". Film ini memenangkan Best Picture pada 1969. Film ini disutradarai oleh John Schlesinger, dibintangi oleh Dustin Hoffman dan Jon Voight.



Berapa banyak piala Oscar yang pernah dimenangkan Charlie Chaplain?

Ternyata Charlie Chaplain hanya memenangkan satu piala Oscar kompetitif dalam hidupnya, dalam kategori Best Original Score untuk film "Limelight". Dia juga mendapatkan dua Honorary Awards.




Mengapa Marlon Brando menolak untuk menerima penghargaan Aktor Terbaik untuk film "The Godfather"?

Marlon Brando menolak datang ke acara Academy Awards sebagai Aktor Terbaik karena adanya perlakuan buruk terhadap orang Amerika asli di industri perfilman. Dia kemudian mengutus seorang gadis Amerika asli bernama Sacheen Littlefeather untuk mewakili dirinya di acara bergengsi tersebut.







Ada hal menarik apa di film "Lawrence of Arabia"?

"Lawrence of Arabia" merupakan satu-satunya film yang memenangkan penghargaan Film Terbaik yang tidak memiliki suara wanita di dalamnya. Satu-satunya pemeran wanita dalam film ini adalah Gladys, dan dia seekor unta!









Siapa orang India pertama yang memenangkan piala Oscar?

Bhanu Athaiya (sebelah kiri) menjadi orang India pertama yang memenangkan piala Oscar ketika dirinya meraih penghargaan untuk Desain Kostum lewat film "Gandhi". Film garapan Richard Attenborough itu menyabet 7 piala Oscar, termasuk Best Picture dan Sutradara Terbaik.







Sampai sekarang, hanya ada satu aktor yang berhasil mengantongi penghargaan Aktor Terbaik untuk perannya di film bukan bahasa Inggris. Siapakah dia?



Tahun 1998, Roberto Benigni menjadi orang pertama yang memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk perannya di sebuah film bukan bahasa Inggris "Life Is Beautiful"



Hanya ada dua aktor yang pernah memenangkan piala Oscar anumerta, dan keduanya merupakan berkewarganegaraan Australia. Siapa mereka?



Peter Finch menang Academy Awards sbagai Aktor Terbaik tahun 1977 untuk perannya di film "Network", dan Heath Ledger meraih penghargaan Aktor Pembantu Terbaik lewat perannya di film "The Dark Knight".



Sebutkan nama film yang paling banyak menyabet piala Oscar!

Ada tiga film yang masing-masing berhasil merebut 11 piala Oscar. 1. The Lord of the Rings: The Return of the King - 11 piala dari 12 nominasi; 2. Titanic - 11 piala dari 14 nominasi; 3. Ben Hur - 11 piala dari 13 nominasi.











sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar