Rabu, 29 Februari 2012

Mobil-Mobil yang Pernah Menjuarai Oscar


Back To The Future (1985)

Mobil DeLorean DMC-12 dalam versi film ini hadir dengan teknologi yang dilengkapi plutonium. Mobil ini juga memiliki tenaga kapasitor untuk melakukan perjalanan antar waktu, dengan menempuh kecepatan minimal 88 mph atau 142 km/jam. DeLorean DMC-12 hadir dengan lapisan bodi alumunium, dan menggunakan sistem metode pintu gunting. Film ini mendapatkan penghargaan Oscar untuk efek suara terbaik.




Batman (1989)


Film garapan Tim Burton ini diinterpretasikan dari seri kartun Batman, Caped Crusader yang diperankan Michael Keaton. Saat itu musuh Batman, Joker, yang diperankan oleh Jack Nicholson.

Mobil andalan Batman, Batmobile hadir dengan model yang panjang dan rendah sehingga terlihat futuristik. Film Batman ini mendapatkan anugerah Academy Award kategori Art Direction.




Bullitt (1968)


Di film ini, Frank Bullet, yang diperankan oleh Steve McQueen adalah polisi San Fransisco. Bullet diceritakan mengikuti jejak seorang bos mafia, Film ini menyuguhkan adegan kejar-kejaran mobil klasik, dimana Bullet mengendarai Ford Mustang tahun 1968, mengejar dua orang tawanan yang mengemudikan Dodge Charger tahun 1968. Bullet dianugerahi Oscar sebagai film editing terbaik.




The Dark Knight (2008)


Dalam film ini, Christian Bale berperan sebagai Batman. Adapun untuk musuh utama Batman, Joker, diperankan oleh Heath Ledger.

Seperti film-film Batman lainnya, kali ini penonton disuguhkan aksi sepeda motor Batman, Batpod yang disatukan dengan Batmobile.

Batmobile dibuat sangat garang dengan diameter ban mencapai 20 inci, dan beberapa senjata rahasia yang tersemat di dalam mobil. Film ini memenangkan Oscar untuk Editing Sound dan peran terbaik untuk Ledger sebagai Joker untuk Best Supporting Actor.




Driving Miss Daisy (1989)


Miss Daisy yang diperankan Jessica Tandy menghabiskan waktunya untuk duduk di mobil sedan cadillac.

Dengan makeup dan skenario situasi terbaik, film ini dianugerahi Oscar untuk Best Picture. Sedangkan Tandy dinobatkan sebagai Best Supporting Actress.




The French Connection (1971)


Film ini menceritakan seorang polisi yang tengah melakukan penyamaran dengan nama Popeye Doyle. Karakter Popoye diperankan oleh Gene Hackman yang mengemudikan Pontiac LeMans 1971.

Film ini memenangkan lima Academy Award, termasuk Best Picture, including Best Picture, Adapted Screenplay and Editing, Best Director yang diraih oleh William Friedkin dan Hackman untuk Best Actor.




Goldfinger (1964)


Film agen rahasia Inggris ini mempertunjukkan Aston Martin DB5, sebagai tunggangannya. Diperankan oleh Sean Connery, mobil sport klasik Inggris ini dilengkapi oleh senjata mulai dari senjata mesin, kursi pelontar, bom asap, jebakan oli, tameng anti peluru, plat nomor di depan dan belakang yang dapat berubah menjadi senjata.
Di film ini juga menampilkan Rolls-Royce Phantom III tahun 1937. Goldfinger berhasil meraih Best Supporting Actor untuk Aston Martin DB5 dan dianugerahi Oscar untuk Sound Effect.




The Graduate (1967)


Film ini mengisahkan tentang perjalanan cinta antara Ben Braddock (Dustin Hoffman) yang memiliki istri dari anak rekan bisnisnya (Anne Bancroft). Ben akhirnya jatuh cinta lagi dengan saudara wanitanya (Katharine Ross).

Salah satu adegan berkesan di mana, Ben mengemudikan Alfa Romeo 1600 Spider Duetto tahun 1966 untuk berkunjung ke Gereja dan menyelamatkan Elaine dari pernikahan dengan pria lain. Film ini mendapatkan Oscar untuk Best Picture.




Grand Prix (1966)


Film ini menampilkan James Garner yang merupakan pembalap asli pemenang dalam ajang Grand Prix.

Dalam arena balap, Garner tidak hanya meraih kekalahan namun juga cinta. Film ini menyuguhkan mobil klasik Italia tahun 1960. Grand Prix mendapatkan Academy Award untuk Sound Effects and Editing terbaik.




The Great Race (1965)


Film ini mengisahkan tentang tiga orang yang melakukan perjalanan, dan salah satunya seorang jurnalis fotografer untuk perjalanan dari New York ke Paris demi sebuah perlombaan.

Uniknya, mobil yang dikendarai ketiganya sengaja dilengkapi dengan meriam dan generator asap untuk memberikan kejutan kepada mobil lain. The Great Race memenangkan Academy Award untuk Sound Effects terbaik.




It's a Mad, Mad, Mad, Mad World (1963)


Film ini menampilkan mobil klasik tahun 50-an dan 60-an. Di film ini hadir beberapa mobil klasik eksotis seperti Jeep Willys station wagon, Mercury Montclair, Plymouth Belvedere, Ford Super Deluxe, Ford Fairlane Sunliner, Dodge Dart. Film ini memenangkan Oscar untuk kategori 




Little Miss Sunshine (2006)


Film Little Miss Sunshine menghadirkan VW Transporter tahun 1973, Volkswagen Transporter Tipe 2, dan kendaraan Baby Boomers sebagai bus kecil.

Film yang menceritakan seorang gadis mengikuti ajang kontes kecantikan ini, mendapatkan dua Oscar untuk Original Screenplay dan Alan Arkin sebagai Best Supporting Actor.




Rain Man (1988)


Film yang dibintangi Tom Cruise sebagai Charlie Babbitt ini mengisahkan seorang pria yang egois. Ia kemudian menemukan saudaranya Raymond (Dustin Hoffman), melakukan perjalanan lintas negara demi menemukan almarhum Ayah kandung mereka.

Karena takut ketinggian, keduanya memilih untuk menggunakan jalur darat. Uniknya, mereka sengaja mencuri mobil Buick Roadmaster tahun 1949 untuk melakukan perjalanan. Film ini mendapat Academy Award Award untuk Original Screenplay, Best Director untuk Barry Levinson, Best Supporting Actor untuk Hoffman serta Best Picture.




Thelma and Louise (1991)


Dua sahabat (Geena Davis dan Susan Sarandon) berusaha melarikan diri dari kehidupan mereka yang membosankan. Pasangan ini akhirnya melarikan diri menuju Meksiko dengan mengendarai Louise Thunderbird convertible tahun 1966.





sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar