Selasa, 06 Maret 2012

Foto dan Video Jam Tangan Seharga Rp 2,7 Miliar

Pembuat jam dengan harga sinting, Chirstophe Claret, memamerkan sebuah jam limited edition terbarunya yang akan membuatmu kesal karena tidak dapat mengeluarkan uang sebesar 2,7 milyar untuk sebuah jam.
Jangan salah, harga segitu bukan sesuatu yang aneh untuk sebuah jam yang super mewah seperti ini. Masih banyak jam lain yang mempunyai harga lebih tinggi dari ini, tapi Christophe Claret X-Trem-1 dilengkapi dengan mekanisme unik yang tidak dimiliki oleh jam lainnya. Informasi jam dan menit pada jam ini ditunjukan oleh dua bola misterius yang "melayang" pada sepasang tabung safir.

Sebelum kita menjelaskan mengapa ada tanda kutip di kata melayang yang saya tulis di atas, mungkin ada baiknya kamu mengetahui mengapa jam ini dan juga seperti jam-jam mewah lainnya dijual dengan harga  yang sangat mahal. Untuk produk ini sendiri kisaran harganya antara $294.400 hingga $321.300 ($300.000 = Rp 2.7 milyar). Jika kamu mau membaca penjelasan lumayan panjang dari saya, baca tulisan di bawah. Jika mau langsung tahu jawabannya, langsung saja skip ke 2 paragraf terakhir.
Pertama, bahan. Kebanyakan gear yang dipakai dalam jam seperti ini terbuat dari logam mulia seperti emas dan platinum. Dan kita tahu harga logam semacam ini tidak murah. Logam-logam tersebut biasanya dilapisi dengan titanium berkualitas tinggi, umumnya yang sekarang dipakai adalah grade 5. Ambil contoh jam X-Trem-1 ini, sepasang tabung yang menaungi bola-nya bahkan dibuat dari safir! Jadi jam seperti ini memang lebih pantas diperlakukan sebagai perhiasan berharga dan mewah. Sama seperti perhiasan emas dan berlian berharga punya ibumu, hanya saja yang ini bisa bergerak dan menunjukan waktu.
Kedua adalah ongkos produksi, kebanyakan jam seperti ini dibuat secara amat detail oleh tenaga kerja yang amat profesional. Beberapa jenis termahal juga biasanya dikerjakan oleh tangan (handmade). Desain mekanismenya juga harus unik, kreatif, enak dipandang, dan kokoh serta berfungsi dengan amat presisi. Untuk membangun sebuah produk baru, biasanya dibutuhkan waktu yang lama. Dan setiap jenis produk biasanya memiliki sistem mekanik yang tidak pernah sama.

Untuk kesan prestisius, beberapa jam juga ada yang dibuat dengan kuantitas amat terbatas. Seperti jam di atas yang hanya dibuat sebanyak 8 unit untuk seluruh dunia.
Ok, itu tadi sedikit penjelasan singkat bagi kamu yang penasaran dengan harganya yang selangit. Sekarang penjelasan bagaimana bola yang disebut denganTourbillon itu bisa melayang?

Ternyata trik-nya sederhana saja, bola itu terikat dengan benang tipis ekstra kuat yang biasa dipakai untuk operasi. Dan biar bisa tegang, sepertinya kita semua sudah tahu penyebabnya, yap, magnet.

Sebagai penutup, saksikan juga video preview-nya yang disajikan dengan cukup keren dan berasa seperti disutradarai oleh Michael Bay: 






sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar