Selasa, 27 Maret 2012

Kapal Pesiar Mewah Qaddafi Dibeli Miliarder Italia

Kapal pesiar mewah yang pernah dimiliki Qaddafi (Foto: SMH)
SEBUAH perusahaan pesiar yang dimiliki salah satu pria terkaya di Italia baru saja membeli kapal pesiar besar. Yang mengagetkan, pengusaha ini membeli kapal pesiar yang dibuat khusus untuk rezim diktator Libya, Muammar Qaddafi.

Anak keempat Qaddafi, Hannibal, menyarankan General National Maritime Transport Company (GNMTC) membeli kapal pesiar seberat 140 ribu ton pada 2010 untuk memulai industri pesiar mewah di Libya. Kapal pesiar seharga USD725 juta ini memiliki empat kolam renang, 26 lift, sebuah arena bowling, dan 21 bar yang tersebar di 18 deknya. Kapal ini dinamakan Phoenicia, seperti nama sebuah peradaban kuno pertama yang mengawali pendudukan di Libya.

Pada peluncuran pembuatan kapal yang panjangnya 333 meter dan melebihi tinggi Menara Eiffel ini, Ketua GNMTC, Kapten Ali Belhag mengatakan mereka percaya langkah ini merupakan tonggak penting pengenalan Libya ke industri pesiar. Kapal yang dijadwalkan akan dikirim ke Tripoli, Libya, pada Desember 2012 ini akan menjadi kapal pertama di dunia yang dimiliki oleh perusahaan Arab.

Namun karena penggulingan Qaddafi, kapal inipun gagal diluncurkan. Saat itu, kapal ini tengah dalam tahan akhir penyelesaian pembuatannya di St Nazaire, Prancis Bara. GMNTC membatalkan pesanannya dan kini kapal dijual kepada Mediterranean Shipping Company (MSC). Kapal ini kini berganti nama menjadi Preziosa MSC.

"Ini akan menjadi puncak pesiar Eropa," tutur Perfrancesco Vago, Kepala Anak Perusahaan MSC yang akan mengepalai kapal baru ini, seperti dikutip dari SMH, Jumat (23/3/2012).

MSC didirikan oleh miliarder Itaia, Gianluigi Aponte pada 1970, dan merupakan salah satu perusahaan kapal terbesar di dunia dengan lebih dari 460 kapal yang dimilikinya. 





sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar