Senin, 05 Maret 2012

Perusahaan Rusia Menjiplak Logo ITS


Pihak Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ternyata sudah mengontak perusahaan Rusia Inkom TehSnab yang dituding melakukan penjiplakan logo. Ketika dipaparkan bukti kemiripan logo keduanya, si perusahaan Rusia itu pun terkejut.

"Kami syok setelah melihatnya," tulis email tanggapan dari Inkom TehSnab, menanggapi konfirmasi yang dilakukan salah satu pihak ITS, Totok R. Biyanto.

Adapun pembuatannya, disebutkan perwakilan perusahaan Rusia itu, tidak dibuat oleh mereka sendiri. Melainkan dipesan kepada sebuah perusahaan desain.

Hanya saja ketika coba untuk dikonfirmasi kepada perusahaan desain logo yang dimaksud, Inkom TehSnab mengaku tak bisa menghubunginya.

"Kemarin, kami mencoba untuk menemukan mereka. Namun kami pikir jika mereka tidak lagi beroperasi. Tentu kami terkejut," imbuh perwakilan Inkom TehSnab.

Dengan adanya tanggapan ini, alhasil pertanyaan siapa yang menjiplak siapa sepertinya sudah terjawab. Pun demikian, hasil ini sejatinya sudah dapat diperkirakan, mengingat dalam kedua logo yang digunakan terdapat gambar tugu Surabaya yang seharusnya menjadi ciri Kota Pahlawan bukan malah Negeri Beruang Merah.

Sebelumnya dilaporkan bahwa ITS dan perusahaan Rusia Inkom TehSnab memiliki logo yang sangat mirip, bahkan bisa dibilang kembar dengan perbedaan cuma berada dalam urusan warna. Jika logo ITS menggunakan warna biru agak kemudaan, 'kembarannya' memilih biru dongker.

Sementara jika ditilik dari desain dan atribut yang digunakan sama persis! Termasuk untuk urusan cara menuliskan nama perusahaannya yang juga disingkat dengan nama 'ITS'.





sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar