Kamis, 26 April 2012

5 Produk Sukses Apple yang Idenya Dari Perusahaan Lain

Meski Apple dikenal sebagai inovator luar biasa, namun bukan berarti semua terobosan di produk-produk teknologi dibuat oleh perusahaan asal Cupertino tersebut. Seperti 5 produk berikut, di mana cikal bakalnya bukan ditemukan Apple, meski ia mendulang sukses dengan membuat produk 'sejenis' yang lebih baik. 

1. Pemutar Musik Digital Portabel
Perusahan bernama Audio Highway adalah produsen pertama pemutar musik digital portabel. Akan tetapi, mereka tak pernah memproduksinya secara masal.

Adalah piranti 'MPMan' yang diproduksi dalam jumlah unit yang besar oleh perusahaan Korea Selatan. Beberapa perusahaan lain kemudian mengekor dengan membuat piranti musik digital, termasuk Apple dengan iPod generasi pertamanya.

2. Toko Musik Online
Banyak yang mengira iTunes adalah toko musik online pertama. Wajar, sebab ia langsung mendulang kesuksesan. Akan tetapi sebenarnya toko seperti ini dipelopori oleh Ritmoteca.com yang memulai debutnya pada tahun 1998.

3. Smartphone
Kata 'smartphone' pertama kali dipakai untuk mendeskripsikan konsep ponsel dari Ericsson, GS88. Namun, smartphone sungguhan pertama kali diluncurkan oleh Simon dari IBM pada tahun 1993. Ia memiliki layanan email client, fax, game, kalendar, dan lain-lain.

Setelah Simon, perusahaan Palm, Nokia dan Research In Motion (RIM) terjun di arena ini. Namun semua tertunduk tatkala Apple menggebrak dengan iPhonenya di tahun 2007. Dengan layar lebar berteknologi layar sentuh serta desain ciamik, ia langsung menyedot perhatian.

4. Touchscreen
Produk-produk Apple akrab dengan teknologi layar sentuh. Teknologi touchscreen ini sendiri ditemukan pertama kali tahun 1965 oleh G. Samuel Hurst namun tidak pernah diproduksi untuk konsumen.

Salah satu pioner besar yang bermain di teknologi multitouch adalah Fingerworks (1998). Apple mengendus 'masa depan' dari perusahaan ini kemudian mereka membelinya di tahun 2005. iPhone generasi pertama adalah hasilnya.

5. Komputer Tablet
Komputer tablet iPad masih menjadi 'hot item' di pasaran. Gaungnya seakan menenggelamkan pelopor komputer tablet pertama yang tak lain adalah pesaing lama Apple, Microsoft.

Microsoft adalah perusahaan pertama yang memproduksi massal komputer tablet di tahun 2002. Bernama Microsoft Tablet PC, ia berjalan di atas Windows XP dan memakai stylus. Sayang, inovasi ini kandas di market dan dilibas oleh kedatangan iPad.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar