Rabu, 18 April 2012

Awas! Potensi Gempa 8,2 SR di Selatan Jawa

(sumber: BMKG)

Bila Anda ingin traveling ke daerah selatan Jawa, diharapkan lebih waspada. Hal tersebut terkait dengan serangkaian gempa yang terjadi akhir-akhir ini. Di Selatan Jawa pun terdapat potensi gempa yang berkekuatan 8,2 SR.

Daerah selatan Jawa memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, seperti Pulau Sempu, Ujung Kulon, Grenn Canyon, dan berbagai macam pantai yang indah. Sayangnya, serangkaian gempa yang terjadi akhir-akhir ini mewajibkan Anda untuk lebih waspada.

Sumber gempa di selatan Pulau Jawa berpotensi memicu gempa berkekuatan 8,2 SR. Sumber itu berjarak 500 km dari Jakarta seperti Pati, Bumiayu, Kali Opak, Lasem, dan Sunda.

"Terdapat rumah atau sumber gempa di selatan Pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan gempa yang berkekuatan hingga 8,2 SR," ujar Dr Irwan Meilano, sekretaris pusat penelitian mitigasi bencana ITB.

Irwan menambahkan, 150-200 tahun yang lalu gempa terjadi begitu sering di Pulau Sumatera dan Jawa. Sekarang periodesasi tersebut berulang kembali mulai dari 2004 yang lalu.

Jadi, bagi Anda yang ingin traveling ke selatan Jawa dihimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati. Ada baiknya, Anda merencanakan perjalanan dengan membaca berita terlebih dahulu tentang perkembangan gempa yang terjadi. Selalu waspada dan tahu info terbaru, akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar