Senin, 04 Juni 2012

Danau Ubur-Ubur Terbesar di Dunia Ada di Kalimantan

Danau ini terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Danau ini berair payau dan memiliki ubur-ubur yang tak menyengat. Inilah danau ubur-ubur terbesar di dunia.

Pulau Kakaban adalah salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan. Secara administratif, Pulau Kakaban masuk dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

 

Pulau Kakaban memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti angka 9. Angka 9 ini merupakan gabungan dari gugusan karang di atas permukaan laut, yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Pulau Kakaban memiliki luas 2,6x1,5 kilometer dan terkenal dengan adanya danau air payau yang dihuni ribuan ubur-ubur tak menyengat.

Danau Kakaban sangat terkenal karena hanya ada dua di dunia, yaitu Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Danau air payau ini memiliki ekosistem yang unik, karena dihuni oleh hewan dan tumbuhan endemik. Beberapa di antaranya adalah ubur-ubur yang kehilangan kemampuan menyengat, algae yang menjadi karpet di dasar danau, anemon yang berwarna putih.

Kakaban kini dinominasikan sebagai kawasan situs warisan dunia milik UNESCO, karena memiliki 4 jenis ubur-ubur. Keempat jenis ubur-ubur tersebut adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik.
di ketahui juga kalau kembaran Danau Kakaban yaitu Jellyfish Lake hanya memiliki dua jenis ubur-ubur. Jadi, Danau Kakaban adalah sebagai danau ubur-ubur terbesar di dunia.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar