Senin, 18 Juni 2012

Mie Ramen Ternyata Bukan Berasal dari Jepang


Mie Ramen
MI ramen kian mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia berkat kelezatannya. Masihkah Anda mengira bahwa mi ramen berasal dari Jepang?
“Mi ramen bukan dari Jepang, mi ramen itu dari China,” kata John Chu, Executive Chef Pearl Restaurant Hotel JW Marriott, kepada Okezone di Hotel JW Marriott, Jakarta, baru-baru ini.
Dia menjelaskan, mulanya mi ramen diolah di China. Memang, Negeri Tirai Bambu ini memiliki olahan mi berbeda pada setiap wilayahnya, termasuk mi ramen.
“Mi ramen berawal dari daerah di China, tepatnya Lan Cao. Dari sanalah ramen makin populer ke seluruh dunia,” imbuhnya.
Pembuatan ramen, katanya, mengandalkan kekuatan tangan. Gerakan tangan selama pembuatan mi ramen menjadi kunci kenikmatannya.
“Kalau mi dibuat dengan mesin, bukan hanya mi ramen saja tetapi semua mi, maka hasilnya tidak akan enak karena sentuhan tangan membuat mi menjadi enak,” lanjutnya.
Lalu, mengapa mi ramen dikenal sebagai menu yang berasal dari Jepang? “Perlu diingat, ramen berasal dari China, bukan dari Jepang. Dari China mi ramen kemudian dibawa ke Jepang. Masalahnya, Jepang bisa membuat mi dari tepung yang kualitasnya lebih baik, ini yang bikin enak, makanya mi ramen identik dengan Jepang,” tutupnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar